Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Vol 3, No 4 (2018): November

Pengaruh pemahaman etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim di pasar segiri grosir samarinda

Lidya Watie (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Sri Mintarti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Maryam Nadir (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang mana terdapat dua variabel yaitu pemahaman etika bisnis Islam dan persaingan usaha sebagai variabel bebas (independent) dan perilaku pedagang muslim sebagai variabel terikat (dependent). Dan populasi dalam penelitian ini 62 pedagang muslim dengan berbagai jenis usaha, kemudian peneliti mengambil sampel 62 pedagang. Teknik pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan uji hipotesis berupa uji t, uji F, dan uji Koefisien Beta

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Ekonomi. Terbit 4 kali dalam 1 tahun. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...