Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan customer service dan marketing public relations terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Sangatta dari tahun 2015 – 2017. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan uji t untuk variabel pelayanan customer service sebesar 2,732 t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,007 0,05, maka variabel pelayanan customer service berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Hasil uji t untuk variabel marketing public relations sebesar 4,363 t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,000 0,05, maka variabel marketing public relations berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Penelitian ini menghasilkan Hasil uji F didapat F hitung (17,037) F tabel (3,09) dan nilai signifikan adalah 0,000 0,05. Maka variabel pelayanan customer service dan marketing public relations secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019