Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Vol 4, No 1 (2019): April

Pengaruh pelayanan customer service dan marketing public relations terhadap loyalitas nasabah bank muamalat sangatta

Abdul Aziz Ferharevi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Sri Mintarti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Sri Wahyuni (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan customer service dan marketing public relations terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Sangatta dari tahun 2015 – 2017. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan uji t untuk variabel pelayanan customer service sebesar 2,732 t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,007 0,05, maka variabel pelayanan customer service berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Hasil uji t untuk variabel marketing public relations sebesar 4,363 t tabel 1,664 dan nilai sig sebesar 0,000 0,05, maka variabel marketing public relations berpengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Penelitian ini menghasilkan Hasil uji F didapat F hitung (17,037) F tabel (3,09) dan nilai signifikan adalah 0,000 0,05. Maka variabel pelayanan customer service dan marketing public relations secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Sangatta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Ekonomi. Terbit 4 kali dalam 1 tahun. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...