Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Vol 4, No 4 (2019): November

PENGARUH LABEL HALAL DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP PEMBELIAN AYAM POTONG SAKTI PADAT KARYA SAMARINDA AFIFAH LIA DIANA

Meri Meri (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)
Herning Indriastuti (Unknown)
Abdul Gafur (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal dan atribut produk terhadap keputusan pembelian ayam Sakti Padat Karya Samarinda. Jenis dan sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan penelitian kepustakaan. Penguji menggunakan alat analisis ordinal uji kei kuadrat dan koefisien spearman. Sampel dalam peneliian ini adalah 103 responden yang membeli ayam Sakti dengan jumlah 15 item pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis H1 diterima hal ini ditunjukan dengan keterikatan variabel label halal (X1) dan Keputusan pembelian (Y) sangat kuat karena (R 0,01). Hasil penelitian membuktikan bahwa pencantuman label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ayam Sakti Padat Karya Samarinda. Demikian juga hipotesis H2 diterima ada pengaruh positif antara  atribut produk terhadap keputuan pembelian. Hal ini dapat dilihat pada variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dari nilai signifikansi variabel 0,01 (signifikan).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Ekonomi. Terbit 4 kali dalam 1 tahun. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...