Loyalitas pelanggan sangat penting untuk keberlanjutan bisnis. Karena loyalitas sangat penting untuk pengembangan konsumen dan kesuksesan perusahaan, pengaruhnya terhadap persaingan pasar sangatlah signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk (product) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh harga (price) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh promosi (promotion) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh tempat (place) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh orang (people) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh bukti fisik (pyshical evidence) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh proses (process) terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel pada penelitian ini adalah 225 responden. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria. Adapun kriteria sampel pada penelitian ini adalah responden yang telah menggunakan Gojek sebanyak minimal 10 kali. Teknik analisis data menggunakan SEM PLS. Berdasarkan pada hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.(2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Active participation berpengaruh terhadap brand commitment. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (4) Tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (5) Orang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (6) Bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (7) Proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (8) Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2022