PRISMA
Vol 11, No 2 (2022): PRISMA Volume 11, No 2 Tahun 2022

Perancangan Game Linear Equation sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android

Zamzami, Rizaky Aby (Unknown)
Abadi, Agung Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Berkembangnya teknologi yang sangat pesat pada masa ini, kita seharusnya memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin, terutama memanfaatkan teknologi pada bidang pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah dengan membuat media yang dapat digunakan ketika pembelajaran di sekolah. Penggunaan media di dalam kelas akan diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih hidup dan menarik, terlebih lagi dalam pelajaran matematika dan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi siswa dalam belajar. Oleh karenanya, dengan perancangan Game Linear Equation sebagai media pembelajaran matematika berbasis android diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang bersumber dari Luther dan dimodifikasi oleh Sutopo. Perancangan ini menghasilkan sebuah game yang diberi nama “Linear Equation” yang telah dilakukan tahap pengujian menggunakan metode pengujian black-box dimana semua fungsi menu didalam game berjalan sesuai dengan fungsinya dan juga uji coba keterbacaan dan kepraktisan terhadap siswa dengan persentase keseluruhan sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Baik”. Game Linear Equation juga dapat terpasang dan terimplementasikan dengan baik pada perangkat android.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...