Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi matematis peserta didik ditinjau dari self-efficacy dan habits of mind. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu think aloud methods, meliputi angket self-efficacy, angket habits of mind, tes literasi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Intrumen penelitian meliputi peneliti, angket self-efficacy, angket habits of mind, dan soal tes literasi matematis. Pengambilan subjek penelitian dari masing-masing kategori self-efficacy dan habits of mind yang sama diambil 1 orang dengan pertimbangan yang dapat memberikan informasi lebih lengkap dan jelas. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa subjek self-efficacy tinggi dan habits of mind tinggi, memenuhi ketiga proses literasi matematis yaitu merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan. Subjek self-efficacy sedang dan habits of mind sedang memenuhi dua proses literasi matematis yaitu merumuskan dan menggunakan. Subjek self-efficacy rendah dan habits of mind rendah belum memenuhi ketiga aspek proses literasi matematis.
Copyrights © 2022