Pembelajaran di kelas XMIPA SMAN 2 Tegal cenderung menekankan hafalan-hafalan, sebagian besar peserta didik beranggapan matematika merupakan pelajaran sulit. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar matematika tidak mencapai ketuntasan belajar klasikal maupun individu. Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar materi Vektor pada pelajaran matematika peminatan di kelas XMIPA3 SMAN 2 Tegal Semester 2 TP.2019/2020 beranggota 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal diambil dari nilai ulangan sebelum penelitian yang diperoleh dari tes tertulis, pengamatan aktifitas pembelajaran melalui lembar observasi, dan termotivasinya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran model TGT berbantuan media kartu soal dianalisis melalui data kuesioner yang diperoleh dari lembar kuesioner. Hasil penelitian diperoleh, pada siklus I rata-rata nilai tes peserta didik 77,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 97 %; siklus II nilai rata-rata peserta didik 81,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 100 %. Hasil keaktifan belajar peserta didik pada siklus I secara klasikal mencapai 71 %; pada siklus II keaktifan belajar siswa mencapai 85 %. Hasil angket siswa ketertarikan/termotivasi pembelajaran melalui model TGT berbantuan media kartu soal dari siklus I sampai dengan siklus 2 Kurang terMotivasi 21 % , termotivasi 65 % dan sangat termotivasi 15 % . Hasil analisis kuesioner peserta didik, pada siklus I dan siklus II juga menunjukan peningkatan ketertarikan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan model Teams Games Tournamen berbantuan media kartu soal
Copyrights © 2022