Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei 2022

PENERAPAN TGT-KARTUSOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VEKTOR KELAS X MIPA3 SMAN2 TEGAL

HARYANTO, TRI HARYANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Pembelajaran di kelas XMIPA SMAN 2 Tegal cenderung menekankan hafalan-hafalan, sebagian besar peserta didik beranggapan matematika merupakan pelajaran sulit. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar matematika tidak mencapai ketuntasan belajar klasikal maupun individu. Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar materi Vektor pada pelajaran matematika peminatan di kelas XMIPA3 SMAN 2 Tegal Semester 2 TP.2019/2020 beranggota 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal diambil dari nilai ulangan sebelum penelitian yang diperoleh dari tes tertulis, pengamatan aktifitas pembelajaran melalui lembar observasi, dan termotivasinya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran model TGT berbantuan media kartu soal dianalisis melalui data kuesioner yang diperoleh dari lembar kuesioner. Hasil penelitian diperoleh, pada siklus I rata-rata nilai tes peserta didik 77,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 97 %; siklus II nilai rata-rata peserta didik 81,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 100 %. Hasil keaktifan belajar peserta didik pada siklus I secara klasikal mencapai 71 %; pada siklus II keaktifan belajar siswa mencapai 85 %. Hasil angket siswa ketertarikan/termotivasi pembelajaran melalui model TGT berbantuan media kartu soal dari siklus I sampai dengan siklus 2 Kurang terMotivasi 21 % , termotivasi 65 % dan sangat termotivasi 15 % . Hasil analisis kuesioner peserta didik, pada siklus I dan siklus II juga menunjukan peningkatan ketertarikan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan model Teams Games Tournamen berbantuan media kartu soal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...