Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan perbedaan model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep dan model pembelajaran konvensial terhadap hasil belajar siswa, serta perlakuan mana yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan populasi siswa MTs PSA An-Noor Karangasri Ngawi kelas VIII yang berjumlah 48 siswa dan dijadikan dua kelompok kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji anava satu jalur dan uji pasca anava. Hasil penelitian memberikan kesimpulan 1) Ditemukan perbedaan hasil belajar matematika model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep diperoleh rata-rata 71,3 dan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 60,2 dengan Fhitung sebesar 4,0697 lebih besar dari Ftabel yaitu 4,05 dan 2) Model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep lebih efektif digunakan dibanding model pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran dengan Fhitung 4,112 lebih besar dari Ftabel yaitu 4,05. Kata kunci : Model Pembelajaran quantum learning, Peta Konsep, Hasil Belajar Siswa
Copyrights © 2022