Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei 2022

Eksperimentasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa

Milhah, Milhah Mufidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan perbedaan model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep dan model pembelajaran konvensial terhadap hasil belajar siswa, serta perlakuan mana yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan populasi siswa MTs PSA An-Noor Karangasri Ngawi kelas VIII yang berjumlah 48 siswa dan dijadikan dua kelompok kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji anava satu jalur dan uji pasca anava. Hasil penelitian memberikan kesimpulan 1) Ditemukan perbedaan hasil belajar matematika model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep diperoleh rata-rata 71,3 dan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 60,2 dengan Fhitung sebesar 4,0697 lebih besar dari Ftabel yaitu 4,05 dan 2) Model pembelajaran quantum learning dengan peta konsep lebih efektif digunakan dibanding model pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran dengan Fhitung 4,112 lebih besar dari Ftabel yaitu 4,05. Kata kunci : Model Pembelajaran quantum learning, Peta Konsep, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...