Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei 2022

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI POLYA

ardi, muhammad ardiansyah (Unknown)
Rama, Rama Dhani (Unknown)
Violita , Violita Zahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 172/X Lambur II dalam Pemecahan masalah matematika menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik yang sebenarnya, namun kondisi real kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih beragam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar berdasarkan teori polya. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang beragam. Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat dilihat dari proses penyelesaian dan hasil penyelesaian masalah dalam soal. Subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika adalah subjek yang mampu menerapkan indikator pemecahan masalah secara lengkap menurut teori Polya, yaitu memahami masalah, membuat rencana/strategi, melaksanakan rencana/strategi dan memeriksa kembali. Kesimpulan dari hasil analisis yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap 21 peserta didik terdapat 8 atau 38% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi, 7 atau 33,33% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang dan 6 atau 28,57% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...