Poin yang berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah pendidikan. Meningkatnya mutu SDM menjadi tolok ukur keberhasilan dalam pendidikan. Keberhasilan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya kecerdasan yang terbagi menjadi delapan kategori. Geometri merupakan cabang ilmu matematika yang mengedepankan kemampuan visual spasial atau kemampuan dalam tilikan ruang yang seharusnya diperkenalkan ke siswa melalui tes. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui karakteristik dari tes visual spasial dan mengembangkan tes visual spasial. Metodologi yang digunakan adalah research and development (R&D). Penelitian ini akan menghasilkan sebuah produk berupa butir tes visual spasial yang sesuai dengan indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menyusun tes visual spasial yang disesuaikan dengan indikator dapat diberikan sebagai pre-test pada pembelajaran geometri untuk melatih kemampuan tilikan pada ruang dan persepsi keruangan
Copyrights © 2022