Matematika dianggap sebagai subjek yang sukar dan abstrak, bahkan matematika dianggap pelajaran yang mempolarisasi siswa. Pada beberapa penelitian Math City Map telah berhasil membuat siswa dapat menikmati dan memperoleh pengalaman dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, perlu penelusuran informasi lebih lanjut berkaitan dengan penggunaan MathCityMap dalam pembelajaran matematika di berbagai tempat atau lokasi lainnya di manca negara. Penelitian ini dilakukan tujuan menjelaskan bagaimana pengalaman belajar guru dan peserta didik serta bagaimana hasil belajar matematika yang diperoleh dari penggunaan Aplikasi Math City Map dalam pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR), meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Data dianalisis berdasarkan kriteria inklusi data, selanjutnya data diekstraksi, menghasilkan 13 studi. Hasil penelitian menunjukkan MathCityMap berhasil merancang dan menawarkan aktivitas yang menarik bagi siswa sehingga siswa dapat menikmati dan memperoleh pengalaman dalam belajar matematika. MathCityMap membantu pembelajaran matematika berlangsung secara otentik, serta menawarkan kepada guru cara yang berarti untuk membelajarkan matematika di lingkungan belajar terbuka dan di luar kelas.
Copyrights © 2022