Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2022): November 2022

Penerapan Strategi Multi Level Learning Berbantuan CD Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral Pada Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Brebes

Toha, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Harapan pesatnya kemajuan pendidikan saat ini diharapkan pembelajaran dengan konvensional berupa guru yang aktif sedangkan siswa pasif mendengarkan tanpa berbuat, sudah tidak lagi relevan dengan dunia pendidikan saat ini, strategi pembelajaran bermunculan guna merubah perilaku tersebut. Pembelajaran dengan strategi Multi Level Learning (MLL) berbantuan CD pembelajaran penulis munculkan dalam penelitian ini, guna menambah serta melengkapi strategi yang telah ada. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa XII IPS 3 SMA Negeri 3 Brebes semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 sebagai berikut: Siklus I dengan materi integral ”Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 75%, dan hasil belajar 63,9%. Dilanjutkan Siklus II dengan materi “Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 77,7%, dan hasil belajar 71,9%. Kemudian pada siklus III dengan materi ” Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah dibawah kurva” diperoleh rata-rata nilai keaktifan 78,8%, dan hasil belajar 75,9%, sehingga dari data ke tiga siklus tersebut di atas terjadi peningkatan nilai yang signifikan. Dari hasil yang telah dicapai pada siklus I, II, dan siklus III, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi MLL berbantuan CD pembelajaran dalam pembelajaran integral dapat meningkatkan keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa, sehingga strategi MLL berbantuan CD pembelajaran dapat menjadi salah satu referensi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar khususnya untuk mengubah pembelajaran yang tadinya siswa pasif menjadi aktif dalam pembelajaran materi integral kelas XII tingkat SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...