Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022

Penerapan Model RME (Realistic Mathematics Education) Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Campuran di Kelas IV SDN Serang 11

Diah Fatimatul Makiyah (Unknown)
Nuril Aufah (Unknown)
Sistya Fhirdhan Anjani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Saat ini masih ada guru yang belum mampu membangun kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan. Guru benar-benar pusat pembelajaran, tidak ada keterlibatan siswa dalam kegiatan tersebut. Menghasilkan siswa hanya untuk menjadi pembelajar pasif dan tidak tertarik pada materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran Matematika dengan operasi aritmatika bilangan campuran menggunakan model RME dan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SDN Serang 11 melalui RME. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan di SDN Serang 11. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas IV A tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, eksplorasi, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik dilihat dari siklus 1 yang memiliki nilai terendah 20 dan tertinggi 80 dengan nilai rata-rata 15,15. Pada siklus 2, hasil belajar terendah adalah 40 dan tertinggi adalah 100 dengan nilai rata-rata 78,48. Pada siklus II, ketuntasan pembelajaran klasikal sebesar 87%. Dari hasil tersebut ditunjukkan bahwa dengan menerapkan model Pendidikan Matematika Realistik (RME) menggunakan media nyata, terbukti mampu menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Serang dalam pembelajaran matematika dengan operasi aritmatika campuran. model realistic mathematics education, operasi hitung campuran, hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...