Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar biologi siswa, aktivitas dan pengelolaan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan pengelolaan pembelajaran biologi siswa pada materi perubahan lingkungan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,2 dimana siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dan di siklus II dengan nilai rata-rata 80,8 dimana siswa yang tuntas sebanyak 20 orang. Dari nilai rata-rata siklus I dan II terdapat peningkatan 16,6. Nilai persentase hasil belajar siklus I sebesar 20% dan siklus II 80%. Dari hasil tes siklus I dan II terjadi peningkatan sebesar 60%. 2) Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,68 dimana 7 orang mendapat nilai sangat baik, 13 orang mendapat nilai baik,5 orang mendapat nilai cukup dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,68 dimana 9 orang mendapat nilai sangat baik, 14 orang mendapat nilai baik, 2 orang mendapat nilai cukup. Persentase di siklus I 71,68% dan siklus II 79,68%, dan terjadi peningkatan 8%. 3) Pengelolaan pembelajaran pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,6 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,6, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples ternyata dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas serta pengelolaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa agar guru menerapkan model Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas kajian penerapan pembelajaran dan mengkaji faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.sendiri.
Copyrights © 2022