Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review

Awaliyah Septiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan pendidikan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik. Dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, maka kegiatan pembelajaran matematika hendaknya mendorong peserta didik untuk terampil dalam pemecahan masalah. Salah satunya dengan menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara ilmiah bahwa pengembangan LKPD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review, yaitu menganalisis hasil penelitian terdahulu yang memiliki kesamaan tema dan pertanyaan penelitian. Artikel rujukan yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pencarian pada google cendekia, dan diperoleh 20 artikel yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu artikel yang di publikasikan pada rentang tahun 2013-2022 dan memuat tema tentang pengembangan LKPD dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji ahli dan uji kelayakan menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dan penggunaannya dalam pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengembangan LKPD yang dilakukan oleh peneliti terdahulu menggunakan basis model pembelajaran dan pendekatan yang berbeda, seperti Metakognisi, inquiry, pendekatan contextual teaching and learning, scientific approach atau pendekatan saintifik, berbasis TPACK, Guided Discovery, CORE, kelancaran procedural, discocery learning,  RME, dan PBL. Hasil analisis menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik meningkat setelah menggunakan LKPD yang sudah dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...