Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menerapan business plan yang baik dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas penjualan yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha Dimsum Meta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan studi lapangan dimana data penelitian langsung diperoleh dilapangan, dengan menggunakan teknik wawancara, dan penyebaran quisioner, informan penelitian ini adalah pelaku usaha dan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa aktivitas bisnis yang mengganggu perkembangan usaha dimsum Meta seperti respon terhadap pembeli yang lamban, serta inkonsistensi dalam pencatatan laporan keuangan. Penelitian ini menjelaskan bahwa bisnis meta memiliki prospek yang bagus karena sudah memiliki pelanggan setia, usaha dimsum meta membutuhkan modal awal sebesar Rp. 92.000.000, dengan pengeluaran rutin perbulan sebesar Rp. 30.000.000, serta memiliki potensi menghasilkan keuntungan Rp. 5.000.000 perbulannya. Strategi pemasaran berfokus pada media digital karena pangsa pasar utama usaha ini adalah kaum muda. Laporan keungan Dimsum Meta terdiri dari jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal umum, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, buku pembantu piutang dan hutang, buku besar, neraca lajur, neraca saldo setelah tutup buku, daftar hutang dagang, daftar piutang dangang, neraca, dan laporan laba rugi.
Copyrights © 2022