Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH UNGGULAN PANGKALAN KERINCI TAHUN AJARAN 2020/2021

Silviana Wati (Universitas Islam Riau)
Zakir Has (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan belajar siswa Madrasah Aliyah Unggulan Pangkalan Kerinci Tahun Ajaran 2020/2020. Penelitian dilaksanakan pada November 2020. Jenis penelitian ini adalan penelitian deskriptif yang menjelaskan atau menggambarkan objek yang telah ada. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa Madrasah Aliyah Unggulan Pangkalan Kerinci yang berjumlah 91 siswa yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis menggunakan uji F, uji T dan uji R-Square. Berdasarkan pembahasan dan analisis yang telah dilakukan tentang Pengaruh Motivasi belajar terhadap Kesiapan Belajar siswa Madrasah Aliyah Unggulan di Pangkalan Kerinci maka dapat diketahui hasil uji t (17,200) > dari t-tabel (1,991) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan belajar siswa sebesar 0,769 yang berarti 77% kesiapan belajar siswa Madrasah Aliyah Unggulan di Pangkalan Kerinci dipengaruhi oleh variabel motivasi belajar. Sedangkan 23,1% dipengaruhi oleh varibel-variabel lainnya yang tidak dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...