Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis
Vol 2, No 3 (2022): JMOB (September 2022)

LITERATURE RIVIEW: PRAKTIK PEMBAYARAN UPAH BURUH DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM

Ahmad Arifin (Universitas Riau Kepulauan, Batam)
Andri Soemitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketidaksesuaian upah yang diterima buruh dengan kelancaran kerja yang dilakukan yang masih jauh dari konsep keadilan dalam ekonomi Islam. Buruh sebagai sumber daya aktif merupakan salah satu faktor bagi kelancaran suatu proses produksi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Keberadaan seorang buruh sebagai tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya, seharusnya didukung oleh sarana dan prasarana serta bentuk manajemen yang baik dan manusiawi, agar tenaga kerja tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan harapan perusahaan tanpa rasa kecewa, ketidakpuasan dan kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif konten analisis paper dari database google scholar dan studi Kepustakaan dimana Sumber data yang diambil dari referensi, dokumen-dokumen yang berisi data yang telah teruji validitasnya. Hasil penelitian bahwa besarnya upah harus seimbang dengan pekerjaan-pekerjaan yang telah dilakukan sehingga antara pemberi upah dan penerima upah mendapatkan hak yang sama. Upah menurut Islam adalah imbalan yang diterima seseorang atas pekerjaannya dalam bentuk imbalan materi di dunia (adil dan layak) dan dalam bentuk imbalan pahala di akhirat (imbalan yang lebih baik), Pengupahan juga harus memenuhi prinsip-prinsip muamalat salah satunya ialah prinsip keadilan. Islam berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga usaha tidak sekedar mengejar profit belaka tetapi untuk kesejahteraan warga yang didasari oleh semangat kebersamaan dan kemanusiaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMOB

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan ...