PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY

Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat

Munirah, Munirah (Unknown)
Tuli, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi bagaimana efektivitas strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fiqih Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi nilai rata-rata pada ulangan harian 1 yaitu 79,55 dan pada ulangan harian 2 nilai rata-rata harian peserta didik adalah 87,65. Selanjutnya dari aspek pisikomotorik nilai rata-rata peserta didik untuk penugasan individu pada ulangan harian 1 adalah 83,3. Nilai rata-rata peserta didik untuk kinerja pada ulangan harian 2 adalah 88,4. Dari hasil, pelaksanaan strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas X IPA 1 baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih pada materi zakat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian 1 dan ulangan harian 2 nilai rata-rata peserta didik meningkat dan memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...