Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 8, No 2 (2022)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PERISTIWA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MANGUNREJA

manah susilawati (sdn 4 mangunreja tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Abstrak:Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN 02 Manungunreja Tasikmalaya  yang ditandai dengan persentase hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM sebesar 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar tematik dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, rekfleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN  2 Mangunreja Tasikmalaya  yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang terdiri dari observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa selama proses pemelajaran dianalisis dalam presentase. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama pelaksanaan pembelajaran dengan dua siklus, pada siklus I yaitu 63,5% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 63,3% menjadi 85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 55% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema peristiwa pada siswa Kelas V SDN 2 Mangunreja  Tasikmalaya .Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Tema Peristiwa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...