Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMEN

aam amelia (sdn cipakat singaparna)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup pelajaran IPA melalui model Team Game Tournamen . Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan dari Juli sampai Agustus 2019. Hasil dari penelitian yang dilakukan, secara umum dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas melalui model Team Game Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 2 Cipakat  Kabupaten  Tasikmalaya  . Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar bahwa model Team Game Tournamen  dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes siklus I = 45,9; siklus 2 = 62,2; siklus 3=75,7 dari hasil wawancara disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui model team Game Tournamen  adalah sangat menyenangkan. Kata kunci: hasil belajar, team Game Tournamen , penelitian tindakan kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...