AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup pelajaran IPA melalui model Team Game Tournamen . Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan dari Juli sampai Agustus 2019. Hasil dari penelitian yang dilakukan, secara umum dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas melalui model Team Game Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 2 Cipakat Kabupaten Tasikmalaya . Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar bahwa model Team Game Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes siklus I = 45,9; siklus 2 = 62,2; siklus 3=75,7 dari hasil wawancara disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui model team Game Tournamen adalah sangat menyenangkan. Kata kunci: hasil belajar, team Game Tournamen , penelitian tindakan kelas
Copyrights © 2022