AbstrakPermasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah, kurang adanya pengembangan metode pembelajaran. Metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran Baasa Inggris bersifat konvensional atau ceramah, sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru. Padahal yang diharapkan adalah pembelajaran menggunakan metode yang melibatkan siswa aktif secara menyeluruh, fisik maupun mental. Dengan demikian potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Rumusan masalah penelitian diantaranya bagaimana peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran bahasa inggris materi menulis text monolog prosedure melalui teknik melanjutkan cerita di Kelas VI SD Negeri 6 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019?Tujuan penelitian ntuk mengetahui data peningkatan kemampuan siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris materi menulis text monolog prosedure melalui teknik melanjutkan cerita di Kelas VI SD Negeri 6 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019.Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart.Hasil belajar tindakan pertama sebesar 73,90%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada tindakan kedua sebesar 79,78%. Jika dianalisa perbedaan nilai antara tindakan pertama dan kedua hanya sebesar 5,88%, tetapi hal ini menunjukan adanya perubahan yang lebih baik.Kata Kunci : Kemampuan, Bahasa Inggris, Teknik Melanjutkan Cerita
Copyrights © 2022