ABSTRAK Pembelajaran membaca di kelas1 SD merupakan salah satu materi pembelajaran yang cukup sulit.. Guru kelas 1 harus bijak dan pandai memilih model dan media pembelajaran untuk menjembataninya.Teknik penelitian ini dilakukan dengan membimbing peserta didik membaca suku kata atau kata dengan bantuan media kartu huruf bergambar hal ini dilakukan mengingat peserta didik kelas I baru mengenal huruf Penulis berasumsi peserta didik akan lebih cepat mengetahui jenis huruf yang dibacanya jika ditampilkan gambar benda atau apa saja yang mereka kenal.Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart alur umum. Subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Sukamenak tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 31 orang. Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga siklus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan tes. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskripsi kualitatifObjek penelitian ini adalah kecepatan peserta didik mengenal suku kata yag dibacanya melalui Melalui Penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan hasil belajar membaca peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar membaca peserta didik kelas I SDN Sukamenak melalui penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi terhadap hasil belajar guru dalam merancang RPP ada peningkatan yakni pada siklus 1 bernilai 72,5 % dengan katagori penilaian (baik) dan pada siklus II bernilai 82,29 % (katagori baik) dan pada siklus III memperoleh nilai 90,84%. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga ada peningkatan, yakni pada siklus 1 bernilai 72,72 %. katagori penilaian (baik),pada siklus II bernilai 85 % (kategori sangat baik) dan pada siklus III memperoleh nilai 91,5%. Keaktivan peserta didik pada kerja kelompok siklus I memperoleh nilai 74,5 siklus II sebesar 81,46, dan siklus III sebesar 88,7,Sementara keaktivan peserta didik dalam pambelajaran secara individu nilai rata-ratanya pada siklus 1 memperoleh nilai 78%, siklus II 78 %. dan pada siklus III memperoleh nilai 89,37%. Untuk hasil evaluasi (Pre tes) nilai rata-rata pretes 47,9 dan ketuntasan kelas sebesar 14,3%, nilai rata-rata untuk pos tes siklus I sebesar 63,2 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 67,7%, pada siklus II nilai rata-rata 76,1 ketuntasan kelas 82.1 %, dan siklus III nilai rata-rata 82,14 ketuntasan kelas sebesar 100 %. Dengan keprcayaan 99% penerapan Model Pembelajaraan Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Huruf Bergambar dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan peserta didik kelas I SDN Sukamenak tahun pelajaran 2020-2021.
Copyrights © 2022