Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT. MELALUI METODE MAKE A MATCH .

onih koniah (sdn 1 patakaharja)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

AbstrakLatar belakang masalah penelitian diantaranya kegiatan pembelajaran bersifat satu arah selama proses pembelajaran dengan lebih banyak mendengarkan materi oleh guru sehingga kurang bersemangat dan kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan dan hasil yang dicapai kurang memuaskan. rendahnya kemampuan guru mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK guru kurang mampu menyusun evaluasi pembelajaran secara HOTS, hasil belajar siswa pada materi Mengenal Kitab-Kitab Allah relatif rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Make A Match, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan di kelas V SDN 1 Patakaharja  periode 2021-2022 dengan jumlah sebanyak 17 yang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 orang perempuan orang. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Make A Match pada materi Mengenal Kitab-Kitab Allah. Ada dua pendekatan yang digunakan: pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, dan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make A Match dapat meningkatkan efektivitas aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci : hasil belajar, metode make a matchAbstract

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...