Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022)

PENERAPAN MEDIA BLOOD CIRCULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN SUKASIRNA KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Titin Suhartini (SDN Sukasirna)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Abstrak:Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan Menganalisis sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Sukasirna Singaparna yang menggunakan media Peredaran Darah, dilaksanakan dalam 2 siklus. Peneliti menggunakan PTK, peneliti mengambil kelas V SDN Sukasirna Kecamatan Singaparna Tasikmalaya dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 12 laki-laki, 8 perempuan. Pada tahap pra siklus guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga hanya 2 siswa yang mampu mencapai kesintasan klasikal dengan persentase 15%, klasifikasi rata-rata 42,50. Setelah media Sirkulasi Darah pada Siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan 12 siswa yang terampil. Pada Siklus 2 Siswa mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan rata-rata klasikal mencapai 78 dengan persentase kompensasi 99,05%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dalam Menganalisis sistem peredaran darah manusia dengan Sirkulasi Darah mampu meningkatkan kemampuan Menganalisis sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Sukasirna Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Kata kunci: Identifikasi, Peredaran Darah, IPA.Abstract:This research is to improve the ability to identify human circulatory system ofScience class V subjects at SDN Sukasirna Singaparna whichuses Blood Sirculation media, implemented in 2 cycles. Researchers use PTK, researchers took the class V of SDN Sukasirna Singaparna District Tasikmalayawith 20 students consisting of 12 men, 8 women. In the pre-cycle stage teachers still use conventional methods, so that only 2 students are able to achieve a classical survivalwith a percentage of 15%, average classification 42.50. After the media, Blood Sirculation in Cycle 1 experienced an increase of 25% with 12 skilled students. In Cycle 2 The students experience an increase significantly evidenced by the classical averages reaching 78 with a percentage of the 99.05% compensation. Therefore it was concluded that the Science learning in identifying the human circulatory system with Blood Sirculation is able to improve the ability to identify human circulatory system students class V SDN Sukasirna Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...