Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.A SMP Negeri 31 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap Kemampuan menulis teks teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 56,54 dengan kualifikasi yaitu Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri31 Padang sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 80,94 dengan kualifikasi yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat efektivitas pendekata terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang karena thitung= 10,89 dan ttabel = 1,70 kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel sesudah kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022