Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2022): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Wulandari, Rika (Unknown)
Asri Wahyuni Sari (Unknown)
Trisna Helda (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.A SMP Negeri 31 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap Kemampuan menulis teks teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 56,54 dengan kualifikasi yaitu Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri31 Padang sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 80,94 dengan kualifikasi yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat efektivitas pendekata terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang karena thitung= 10,89 dan ttabel = 1,70 kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel sesudah kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...