Dekave : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 12, No 4 (2022)

Aplikasi Virtual Laboratory Materi Pembelajaran Kemagnetan Untuk Siswa SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang

Fandi Iswandy (Universitas Negeri Padang)
Dini Faisal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Aplikasi Virtual Laboratory adalah media pembelajaran berbasis komputer yang dipakai siswa dalam melakukan percobaan laboratorium secara virtual. Perancangan ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan guru dan siswa SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang dalam pelaksanaan praktikum khususnya pada pelajaran fisika materi kemagnetan. Perancangan ini memakai metode perancangan 4D (four-D) terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Metode analisis data yang digunakan adalah 5W+1H (What, When, Where, Who, Why, How) untuk memudahkan menemukan suatu masalah. Hasil dari perancangan Aplikasi Virtual Laboratory Materi Pembelajaran Kemagnetan telah efektif dan menarik minat pengguna terutama murid SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang bersemangat pada pratikum memakai Aplikasi Virtual Laboratory lantaran lebih mudah & inovatif pada proses belajar. Selain Aplikasi yang menjadi media utama pada perancangan ini dilengkapi dengan media pendukung seperti Motion Graphic, Poster, X Banner, Notebook, Stiker, dan Instagram.

Copyrights © 2022