Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 4 (2022): Desember : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV

Reynaldi Nomor (Universitas Negeri Manado)
Jhon R. Wenas (Universitas Negeri Manado)
Aaltje S. Pangemanan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa khususnya pada materi SPLDV. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi terdiri dari seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tombatu dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIA (Kelas Eksperimen) dan VIIIB yang homogen (Kelas Kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Dimana siswa kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi SPLDV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Veteran Purwokerto. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, ...