Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN GAMBAR KONTEKSTUAL PADA KELAS X IPA SMA ISLAM DIPONEGORO WAGIR MALANG

Siti Nafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Abstrak:Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menjadi jembatan siswa dalam memahami sebuah materi secara konkret. Media peta konsep dan gambar kontekstual merupakan media pembelajaran yang sesuai digunakan untuk menyampaikan materi teks negosisasi secara runtut. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1)  perencanaan pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan media peta konsep dan gambar konteksstual, (2) pelaksanaan pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan media peta konsep dan gambar konteksstual, (3) evaluasi pembelajaran teks negosiasi dengan menggunakan media peta konsep dan gambar konteksstual yang beralokasikan di SMA Islam diponegoro Wagir Malang pada kelas X IPA yang berjumlah 21 peserta didik dengan 8 laki-laki dan 13 perempuan. Adapun hasil pemerian kuesioner sebelum melakukan penelitian menunjukkan peserta didik belum begitu paham mengenai materi teks negosiasi. Adapun hasil penelitian ini pada saat menentukan struktur dan kebahasaan teks negosiasi dengan rata-rata 86,9, performa 85, dan menulis teks negosiasi 84,2.Kata Kunci: Pembelajaran Teks Negosiasi, Media Peta Konsep dan     Gambar Kontekstual,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...