Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2022): Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (Agustus 2022 - Januari 2023)

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPS Terpadu

Dali, Miyanti (Unknown)
Ilato, Rosman (Unknown)
Hasiru, Roy (Unknown)
Hafid, Radia (Unknown)
Maruae, Abdulrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan dan Metode penelitian kuantitatif dengan besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara,kuesioner dan dokumentasi, serta di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Persamaan regresi linier sederhana diproleh bahwa Ŷ = 1.612 + 0,976x, menunjukkan bahwa Konstanta sebesar 1.612 menyatakan bahwa nilai konstanta 1.612 akan menunjukkan nilai kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 1.612 dengan nilai prestasi belajar siswa (Y). Selanjutnya, koefisien regresi variabel kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 0,976, yang nilainya postitif artinya jika kompetensi pedagogik guru mengalami kenaikan atau penambahan 1 (satu) nilai yang berasal dari kompetensi pedagogik guru, maka prestasi belajar siswa (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,976, dengan asumsi variabel lainnya kosntan. Kompetensi pedagogik guru mampu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 45,7% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Artinya, variabel kompetensi pedagogik guru memiliki proporsi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,7% sedangkan sisanya sebesar 54,3 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

er

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (e-ISSN: 2962-2743) merupakan jurnal nasional multidisiplin open access dan peer-reviewed yang diterbitkan oleh Transbahasa. Publikasi dalam jurnal ini mencakup artikel orisinal, review, maupun studi kasus yang memenuhi standar etika ilmiah. Fokus jurnal ...