Kegiatan penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh kepala sekolah yaitu belum semua guru di SMP Negeri 2 Kajoran memahami penyusunan soal berorientasi HOTS dengan baik. Penelitian ini difokuskan pada upaya meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun berorientasi HOTS melalui kegiatan In House Training (IHT). Subjek penelitian adalah semua guru mata pelajaran SMP Negeri 2 Kajoran yang jumlah 18 orang. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi selama penelitian, kompetensi guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS menunjukkan peningkatan, dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata hasil kinerja guru setelah mengikuti kegiatan IHT. Persentase jumlah guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS meningkat menjadi 77,78% pada Siklus I padahal pada Pratindakan baru mencapai 44,44%, dan semakin meningkat pada Siklus II mencapai 100,00%. Sehingga disimpulkan bahwa kegiatan IHT dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun soal berorientasi HOTS pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022