Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Berorientasi Hots Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Di SMP Negeri 2 Kajoran Tahun Pelajaran 2021/2022

Sri Woro (SMP Negeri 2 Kajoran Kabupaten Magelang)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Kegiatan penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan oleh kepala sekolah yaitu belum semua guru di SMP Negeri 2 Kajoran memahami penyusunan soal berorientasi HOTS dengan baik. Penelitian ini difokuskan pada upaya meningkatkan kompetensi guru di SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun berorientasi HOTS melalui kegiatan In House Training (IHT). Subjek penelitian adalah semua guru mata pelajaran SMP Negeri 2 Kajoran yang jumlah 18 orang. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi selama penelitian, kompetensi guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS menunjukkan peningkatan, dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata hasil kinerja guru setelah mengikuti kegiatan IHT. Persentase jumlah guru dalam menyusun soal berorientasi HOTS meningkat menjadi 77,78% pada Siklus I padahal pada Pratindakan baru mencapai 44,44%, dan semakin meningkat pada Siklus II mencapai 100,00%. Sehingga disimpulkan bahwa kegiatan IHT dapat meningkatkan kompetensi guru SMP Negeri 2 Kajoran dalam menyusun soal berorientasi HOTS pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...