Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 3 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Konseling Individual Dengan Pendekatan Realita Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Upau Tahun Ajaran 2019/2020

Mustianah Mustianah (SMP Negeri 1 Upau)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Disiplin merupakan salah satu kecakapan hidup yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Adapun penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib melalui konseling individual dengan pendekatan realita peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Upau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini didapatkan hasil bahwa Konseling Individual dengan Pendekatan Realita dapat Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik dalam menaati Tata Tertib Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Upau. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Konseling Individual dengan Pendekatan Realita untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Konseling Individual dengan Pendekatan Realita yang lebih menarik dan bervariasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...