Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan media instagram pada pembelajaran cerita fabel terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Cikampek. Instagram mempunyai fitur-fitur menarik yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Peneliti mempunyai ide baru untuk memanfaatkan media instagram dalam pemblajaran cerita fabel serta, bagaimana motivasi belajar siswa setelah melakukan pembelajaran bahasa indonesia menggunakan instagram. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pemanfaatan media instagram pada pembelajaran cerita fabel, dan 2) mendeskripsikan hasil peningkatan motivasi selama pembelajaran berlangsung. Data penelitian ini berupa hasil wawancara dan hasil kuisioner yang dibagikan kepada siswa kelas VII-5 pasca pembelajaran menggunakan media instagram. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu menganalisis proses pembelajaran cerita fabel dengan memanfaatkan media instagram, serta mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa media instgaram dapat dimanfaatankan sebagai pembelajaran bahasa dan sastra indonesia, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti fitur reels, feeds, story, dan live streaming. Serta menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa selama pembelajaran dilakukan.
Copyrights © 2022