Journal of Social and Industrial Psychology
Vol 11 No 1 (2022)

Celebrity Worship Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert Pada Penggemar K-Pop




Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan perilaku celebrity worship ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert pada penggemar K-Pop, mengetahui gambaran perilaku celebrity worship pada penggemar K-Pop ditinjau dari tipe kepribadian introvert, mengentahui gambaran perilaku celebrity worship pada penggemar K-Pop ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi, populasi dalam penelitian ini adalah penggemar K-Pop di Provinsi DKI Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 131 orang dengan menggunakan teknik sampling quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Celebrity Attitude Scale yang telah dimodifikasi yang berisi 25 item valid untuk pengukuran tingkat celebrity worship dan menggunakan skala Eysenck Personality Inventory yang telah dimodifikasi untuk pengukuran tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Validitas penelitian ini menggunakan teknik Korelasi Pearson dan reliabilitas penelitian ini ditemukan koefisien reliabilitas sebesar 0,829. Teknik analissi data yang digunakan pada penelitian ini adalah Wilcoxon Mann-Whitney U Test. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi sebesar Sign 0,008. Oleh karena Sign < α 0,05 maka hipotesis yag berbunyi “Ada Perbedaan pada Perilaku Celebrity Worship ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dengan Tipe Kepribadian Ekstrovert pada Penggemar K-Pop” diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sip

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Social and Industrial Psychology provides a forum for cutting-edge, peer reviewed research in all fields related to investigations into the ways in which the individual can balance their daily activities (socially, culturally or linguistically) against the larger context of corporate, ...