Jurnal Seni dan Pembelajaran
Vol 10, No 4 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran

Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia

Erika Nur Candra (Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-Undang, terlepas dari kelainan fisik, emosional, mental, sosial ataupun bakat istimewa yang dimiliki tanpa adanya sikap diskriminatif. Pendidikan seni inklusi mewadahi keistimewaan siswa dan membantu siswa dalam mengembangkan dirinya selama proses belajar. Namun pada pelaksanaanya di lapangan, pendidikan seni inklusi juga mengalami beberapa problematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pelaksanaan pendidikan seni Inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan yaitu teknik observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, sedangkan studi data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kata kunci: Problematika, Seni, Inklusi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

SP is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts, including fine arts, performing arts, the arts of film, and also about arts education. JSP is a collection of research, literal study, performing art review, art studies, and critical study in Indonesia. JSP is ...