Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era
Vol 2 No 1 (2022): Proceeding of The 2nd Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital

PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA DI MASA PANDEMI

Andhita Risko Faristiana (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online mahasiswa pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian merupakan mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo angkatan 2018. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa alasan perilaku konsumtif adalah sebagai berikut: mahasiswa berbelanja untuk menjaga penampilan agar tidak ketinggalan zaman atau ingin mengikuti fashion kekinian (fashionable), mahasiswa berbelanja karena tergiur dengan diskon yang sudah ditawarkan oleh market place. Faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online berasal dari internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu; untuk memenuhi kebutuhan hidup, pandangan mahasiswa mengenai belanja online lebih murah dan juga efisien daripada offline, mahasiswa memiliki waktu luang yang lebih disaat pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ficosis

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era adalah Prosiding untuk memberikan ruang dialog dan pengembangan pemikiran dalam rangka merumuskan isu-isu, perspektif-perspektif, dan metodologi baru dalam rangka mengembangkan keilmuan di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan ...