Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online mahasiswa pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian merupakan mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo angkatan 2018. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa alasan perilaku konsumtif adalah sebagai berikut: mahasiswa berbelanja untuk menjaga penampilan agar tidak ketinggalan zaman atau ingin mengikuti fashion kekinian (fashionable), mahasiswa berbelanja karena tergiur dengan diskon yang sudah ditawarkan oleh market place. Faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online berasal dari internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu; untuk memenuhi kebutuhan hidup, pandangan mahasiswa mengenai belanja online lebih murah dan juga efisien daripada offline, mahasiswa memiliki waktu luang yang lebih disaat pandemi.
Copyrights © 2022