Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengembangan Modul Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Makanan Sehat di Sekolah Dasar

Jiana Riyantini (Universitas Kristen Satya Wacana)
Endang Indarini (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan pengembangan Borg dan Gall yang dilakukan dengan tujuan, menganalisis kevalidan modul tematik tema 3 (makanan sehat) untuk siswa kelas V SD, menganalisis kepraktisan pengembangan modul tematik tema 3 untuk siswa kelas V SD, menganalisis keefektifan pengembangan modul tematik pada tema 3 terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tematik dapat digunakan, dibuktikan dengan penilaian produk oleh ahli media menunjukkan hasil sangat valid (4,14), penilaian produk oleh ahli materi menunjukkan hasil valid (4,68) dan penilaian produk oleh ahli pembelajaran menunjukkan hasil sangat valid (4,61). Kemudian, tingkat kepraktisan bagi guru menunjukkan hasil sangat praktis (4,30), uji coba lapangan siswa praktis (0,98). Modul dinyatakan efektif terlihat peningkatan pemecahan masalah melalui pre-test dan post-test semula (63,28%) menjadi (84,26%). Selain itu, Uji Paired Sample T-Test berpasangan yang diturunkan dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...