Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru

M. Sukron Djazilan (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Didit Darmawan (Universitas Sunan Giri Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Dasar dari perkembangan modern yang terjadi saat ini adalah pendidikan. Salah satu peningkatan dalam dunia pendidikan adalah peran guru. Peran guru sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada saat melakukan pekerjaannya, guru akan termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi guru merupakan dorongan untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan profesionalitas seorang guru. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran komunikasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di salah satu sekolah swasta di Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kerja memiliki peran positif yang signifikan dalam membentuk motivasi guru. Hal yang sama juga terjadi pada gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sangat berperan dalam pembentukan motivasi kerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...