Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan

Margaretha Nona Eci (Universitas Nusa Nipa)
Sukarman Hadi Jaya Putra (Universitas Nusa Nipa)
Yohanes Nonga Bunga (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Media pembelajaran yang menarik adalah media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik untuk ikut dalam pembalajaran tersebut tanpa ada rasa bosan. Media tersebut juga harus disesuaikan dengan materi yang ada dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini adalah menganalisis kerangka pengembangan dan kelayakan media LKPD berbasis pendekatan scientific pada materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian ini dilakukan di SMPK Susila Koting. Jenis penelitian berupa pengembangan atau Research and Develompment dengan model 4D. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKPD berbasis pendekatan scientific dinyatakan sangat valid dengan nilai validitas 86,4%. Nilai hasil uji tahap 1 pada kelayakan LKPD dengan pendekatan scientific adalah masing-masing sebesar 70,4% dan 90% dengan kategori layak. Nilai hasil uji tahap 2 pada kelayakan LKPD dengan pendekatan scientific adalah masing-masing sebesar 92,638% dan 97,72% dengan kategori sangat layak. Produk LKPD berbasis pendekatan scientific ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah setingkat SMP/MTS kelas VII semester gasal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...