Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Menganalisis Siswa Mengenai Bacaan Qiro’ati yang dapat Mempengaruhi Kemampuan Membaca Al-Qur’an: -

Putri Ayu Lestari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Munawir Pasaribu (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitas penggunaan terhadap media Qiro’ah dalam kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di Betong Junior Khalifah School Yala, Thailnd. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dipilih untuk memaparkan secara lebih jelas terkait suatu masalah dalam kajian yang diteliti sehinga peneliti dapat menghasilkan kajian atau suatu fenomena yang terbukti kejelasannya. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas 3 SD. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran Qiro’ah digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Penggunaan media pembelajaran Qiro’ah dan flashcard menjadikan pembelajaran lebih menarik serta mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf. Berdasarkan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Qiro’ati dapat meningkatkan kefektivan peserta didik dalam mempelajari huruf hijaiyah, sehingga paham akan hukum tajwid yang ada didalam Al-Qur’an sehingga dalam membaca Al-Quran siswa tidaksalah lagi melafaskannya serta meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Al-Qur’an yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...