Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Penerapan Metode SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hafalan Hadits Pendek pada Anak Usia Dini

Gadis Aura Az Zahra Hsb (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizka Harfiani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits dengan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI). Penelitian ini membahas bagaimana penerapan metode SAVI untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tes, observasi dan studi literatur digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa penerapan metode Somatis, Auditori, Video dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek pada usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard, Port-Klang, Selangor, Malaysia. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan menghafal hadits-hadits pendek dengan perolehan 13 siswa tuntas dan hanya dua siswa yang tidak tuntas, dengan tingkat ketuntasan 86%. Dalam mengevaluasi daya ingat peserta didik, peneliti menggunakan tiga kriteria evaluasi yaitu jumlah hadits yang dihafal, hafalan terjemahan, dan kelancaran dalam mendemonstrasikan gerakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...