Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dipilih untuk memaparkan secara lebih jelas terkait suatu masalah dalam kajian yang diteliti sehingga peneliti dapat menghasilkan kajian atau suatu fenomena yang terbukti kejelasannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun dipilih sebagai sampel kelas A1. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.Penggunaan media pembelajaran flashcard menjadikan pembelajaran lebih menarik serta mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf. Berdasarkan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan efektifitas peserta didik dalam mempelajari huruf hijaiyah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2022