Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Efektifitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah

Munawir Pasaribu (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Nur Ainun Mukhrimah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dipilih untuk memaparkan secara lebih jelas terkait suatu masalah dalam kajian yang diteliti sehingga peneliti dapat menghasilkan kajian atau suatu fenomena yang terbukti kejelasannya. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh anak usia 4-5 tahun dipilih sebagai sampel kelas A1. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.Penggunaan media pembelajaran flashcard menjadikan pembelajaran lebih menarik serta  mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf. Berdasarkan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan efektifitas peserta didik dalam mempelajari huruf hijaiyah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...