Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Analisis Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Islam di Jerman

Satri Handayani (Universitas Pahlawan)
Afriza Rahma Rani (Universitas Pahlawan)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Negara jerman menganggap pendidikan adalah sebagai modal utama untuk membangkitkan masyarakat nya dari keterpurukan ekonomi dan keterpurukan ideologi, dengan pendidikan bisa merubah pola pikir masyarakat yang tinggal di negaranya sehingga bisa maju dan berkembang. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Pendidikan dan Implementasinya terhadap Pendidikan Islam di Jerman. Adapun metode penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (libraryresearch), yaitu dengan mengumpulkan datadari artikel-artikel dan buku-buku yang berkaitan dengan Analisis Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Islam di Jerman. Adapun kebijakan Pendidikan Islam di Jerman dua diantaranya adalah Konstitusi Jerman memberi hak para orang tua untuk mendidik anak mereka sesuai tradisi agama yang diikuti. Untuk mempertahankan netralitas agama, negara bertanggung jawab menyediakan ruang bagi pengajaran agama, karena negara sendiri dilarang mencampuri urusan agama dan sekulerisme merupakan prinsip utama Jerman, kedua pelajaran agama Islam sudah menjadi mata pelajaran pilihan di sembilan dari enam belas negara bagian Jerman, artinya dapat disimpulakan negara jerman sudah memperhatikan Pendidikan Islam di negaranya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...