Pendahuluan: Motivasi belajar media sosial dan dukungan keluarga penting bagi anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan keluarga terhadap media sosial dengan motivasi belajar anak usia 10-12 tahun. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel adalah 50 anak usia 10-12 tahun di SDN 2 Purwonegoro dan SDN 5 Purwonegoro yang diambil melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan analisis univariat, dan uji Somers'd. Hasil: Ditunjukkan bahwa responden penelitian berusia 10-12 tahun. Jenis kelamin laki-laki sebanyak 29 anak (58,0%). Mayoritas 24 anak memiliki dukungan keluarga dalam menggunakan media sosial dengan kategori sangat baik (48,0%) dan variabel motivasi belajar sebanyak 21 anak dengan kategori motivasi belajar tinggi (42,0%). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan keluarga dalam penggunaan media sosial dengan motivasi belajar anak usia 10-12 tahun. Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan keluarga media sosial terhadap motivasi belajar anak usia 10-12 tahun dengan kekuatan hubungan yang lemah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022