Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2022): Oktober

PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Bekti Setiya Ningsih (Universitas Muria Kudus)
Eko Darmanto (Universitas Muria Kudus)
Sumaji Sumaji (a:1:{s:5:"en_US"
s:23:"Universitas Muria Kudus"
})



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah terdapat atau tidak terdapat pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di 4 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan sampel sebesar 82 siswa. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara self-regulation terhadap prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar. Pada uji koefisien determinasi meunjukkan bawha aspek-aspek self-regulation dalam penelitian ini sebesar 38,4% mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa VI Sekolah Dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...