Model pembelajaran memiliki peran untuk membentuk keterampilan sosial mahasiswa sehingga penerapan model pembelajaran sangat penting guna tercapainya tujuan pembelajaran yang selanjutnya berimbas pada pemahaman mahasiswa pada materi perkuliahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Kimia Organik II adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menjadi metode alternatif dalam pengajaran mata kuliah Kimia Organik. Hal ini dikarenakan metode ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sekaligus keterampilan berinteraksi, bertanggungjawab dan menambah kepercayaan diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap pemahaman mahasiswa tentang mekanisme reaksi organik berbasis bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen rancangan pra-tes pos-tes pada satu kelompok. Sampel penelitian ini merupakan 36 mahasiswa tingkat II yang mengikuti remedial mata kuliah Kimia Organik II. Data penelitian ini dianalisis dengan aplikasi SPSS, deskriptif dan uji T berpasangan. Hasil perhitungan uji T berpasangan menunjukkan 0,000 < 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dilihat dari segi pengamatan sikap, mahasiswa menunjukkan sikap positif (rasa tanggung jawab, kerjasama tim, keaktifan dan keberanian). Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap pemahaman mahasiswa tentangmekanisme reaksi organik berbasis bahasa Inggris.
Copyrights © 2019