Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manajemen pendidik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan rencana, dan pengawasan tenaga pendidik dalam pembelajaran selama masa pandemi di SMP Ahmad Dahlan Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan kesimpulan yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidik mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru,  yang pada gilirannya berdampak pada meningkatnya prestasi peserta didik baik secara akademik maupun pembentukan karakter. Kualitas akademik meningkat dengan adanya kenaikan nilai yang lebih bagus dalam berbagai asesmen baik berupa tes formatif maupun sumatif. Kualitas pendidik yang bagus yang merupakan hasil dari manajemen pendidik yang bermutu yang memberikan dampak signifikan pada pendidikan karakter peserta didik, yang mana pembelajaran di masa pandemi menggunakan sistem daring. Perilaku peserta didik yang secara umum dalam pembelajaran daring ini cenderung lebih liar dan tak terkendali, dengan adanya pendidik yang berkualitas tersebut bisa mereduksi penurunan kualitas karakter anak bahkan mampu memperbaiki. Berdasarkan hasil  penelitian, dapat  disimpulkan bahwa  pengaruh manajemen pendidik  yang  baik,  pendidik bisa bekerjasama dengan semua stake-holder termasuk orang tua siswa dan masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMP Ahmad Dahlan Sukoharjo.
Copyrights © 2021