Pengembangan desain pembelajaran aktif berbasis Grup Investigation bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dalam belajar biologi. Pengembangan keterampilan proses sains dalam belajar biologi merupakan proses mental (psikis) dan perilaku fisik untuk meningkatkan pengetahuan atau pemahaman siswa terhadap data-data, fakta-fakta, atau fenomena alam. Salah satu startegi untuk mengembangkan keterampilan proses sain dalam belajar biologi adalah dengan merancang pembelajaran aktif berbasis Grup Investigation. Dalam pengembangan desain pembelajaran aktif berbasis Grup Investigation, siswa difasilitasi oleh guru untuk mampu mengembangkan keterampilan proses sains secara aktif. Siswa diberi kesempatan untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugas secara bersama, menemukan/ mengonstruksi sendiri konsep yang sedang dikaji melalui penafsiran yang dilakukan dengan berbagai cara seperti observasi, diskusi, atau percobaan, serta melatih siswa untuk kreatif dengan bekerja keras, antusias, dan percaya diri. Penelitian ini merupakan kegiatan Lesson Study dengan teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi. Keterampilan proses sains siswa yang dikembangkan meliputi aktivitas mengamati, menganalisis, mengitepretasi data, mendeskripsi, mengelompokan, menyajikan data dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil pengembangan desain pembelajaran aktif berbasis Grup Investigation yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Boarding School Zam-zamCilongok menunjukan bahwa ketrampilan proses sains siswa dapat dikembangkan dan ditingkatkan secara baik.
Copyrights © 2020