Pada hakikatnya pembelajaran haruslah bermakna agar memberi pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melaluai interaksi antara peserta didik,dengan guru, lingkungan dan sumber belajarnya. Untuk itu strategi pebelajaran kooperatif partisipatif harus dirancang secara optimal memerlukan kerjasama (kooperatif) serta keterlibatan (partisipatif) yang tinggi dari peserta didik dalam pembelajaran, kerjasama dan keterlibatan peserta didik sangat penting dan menentukan keberhasilan, syarat efektif yaitu adanya keterlibatan, tanggung jawab dan umpan balik yang baik dari peserta didik. Konsep pembelajaran kooperatif partisipatif, sering dimaknai sebagai keterlibatan peserta didik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara utuh dan menyeluruh. Karakteristik strategi pembelajaran kooperatif partisipatif, lebih menekankan pada proses kerja sama dan kelompok. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya penguasaan bahan pembelajaran sebagai kemampuan akademik, tetapi juga adanya unsur kerjasama untuk menguasai materi tersebut, sebagai ciri khas dari pembelajaraan koooperatif partisipatif, pembelajaran ini dapat dijelaskan dari perspektif motivasi, perspektif sosial, perspektif perkembangan dan perspektif elaborasi kognitif. Strategi pembelajaran kooperatif partisipatif memiliki keunggulan dalam menumbuhkan kerjasama dan partisipasi peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga akan meningkatkan kemandirian belajar anak.
Copyrights © 2019