Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan teknik ice breaking dalam meningkatkan Public speaking skill. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrument berupa daftar ceklis, observasi dan wawancara. Populasi pada penelitian ini berjumlah 300 responden dan sampel pada penelitian ini menggunakan metode pusposive sampling berjumlah 50 responden. Waktu penelitian dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Februari 2019 sampai bulan Juli 2019. Langkah-langkah penelitian yaitu tahap pralapangan, tahap kegiatan lapangan, pengumpulan data, tahap analisis intensif, dan laporan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa public speaking skill responden mengalami peningkatan dengan menggunakan teknik ice breaking sebesar 9,6 poin. Hal ini terbukti dari hasil pengukuran indikator public speaking skill pada tahap pralapangan memiliki rata-rata skor 65,6 dan pada tahap pengumpulan data setelah kegiatan lapangan memiliki rata-rata skor 79,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik ice breaking dapat meningkatkan public speaking skill secara efektif.
Copyrights © 2020